Keamanan Jaringan Telekomunikasi

Tidak ada yang aman. Tidak ada rahasia. Pasti ketahuan. Dunia maya saja begitu. Apalagi dunia nyata. Dan Allah Maha Tahu segala sesuatu.

Semuanya mungkin saja terbongkar atau dibongkar. Password bisa saja ditembus. Pembicaraan bisa saja disadap. Kalau ngenet bisa ketahuan semua yang di akses. Bila chatting berduaan, bakal ketahuan. Bahkan bisa saja diganggu. Akun dunia maya bisa saja dicuri. Akun e-banking bisa saja ditembus. Berhatilah.

Akhlak Sebelum Teknologi

Mengambil mata kuliah keamaman jaringan punya cerita lain. Khusus dan pengalaman tersendiri. Menjadi bahan pikiran saya, bahwa seseorang yang mengambil mata kuliah ini perlu syarat khusus, harus benar dulu akhlaknya. Soalnya bahaya kalau dengan akhlak yang rusak apalagi rada-rada hancur.

Soalnya, sehari selesai kuliah pada senyam senyum. Bila ada yang datang, seketika rame-rame disebutkan password yang dia gunakan di internet. He..he. Hebatkan. Dan begitu seterusnya. Parahnya ada yang mengaku gak pernah bayar internet kampus tapi tetap bisa menggunakannya. Bagaimana caranya? Ya, tentu saja menggunakan punya orang lain. Di curi? Ya, begitulah.

Hmmm…sekali lagi. Akhlak harus mendahului teknologi. Karena akhlak berhubungan dengan Khaliq sekaligus dengan makhluk. Satu akar kata yang sama.

Tapi bagaimana menilai persyaratan ini. Tidak ada yang bisa secara kuantitatif menilai akhlak seseorang. Sehingga tidak bisa menyatakan seseorang boleh mengambil mata kuliah ini. Maka dalam jenak piker saya, perlu penekanan khusus tentang hal ini. Agar teknologi tidak salah guna. Agar tidak keluar dari tujuan awal mata kuliah ini.

Belajar kemanan agar aman. Bukan untuk mengganggu keamanan orang lain. Belajar ilmu celah-celah masuknya maling bukan untuk maling. Tapi agar terhindar dari kemalingan. Bahkan bisa saja menangkap maling. Ayo, belajar kemanan untuk kebenaran.

Berikut beberapa file peninggalan ketika kuliah keamanan jaringan telekomunikasi.

  1. ET4085-1 Introduction
  2. ET4085-2 Dasar Cryptography
  3. ET4085-3 Password
  4. ET4085-4 Physical Security
  5. ET4085-4 OS Security-1
  6. ET4085-4 OS Security-2
  7. ET4085-4 OS Security-3
  8. ET4085-5 NetworksModelARP
  9. ET4085-6 NetworksTCP-IP
  10. ET4085-7 Firewall
  11. ET4085-8 IDS-IPS-after-network-reconaisance
  12. [0305]IPS Lecture

2 thoughts on “Keamanan Jaringan Telekomunikasi

    • September 20, 2012 at 10:44 am
      Permalink

      Yup…itulah hati, Si raja diri. Dalam bahasa arab, hati sama dengan qolbu yang artinya bolak balik.

      Maka berdoalah kita senantiasa, “Yaa muqollibal qulub. Tsabbits qalbi ‘ala dii nika”

      Ya Allah Yang Maha membolak-balikkan hati. Teguhkan hatiku dalam agama-Mu”

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *