Memancing di Sungai Tanang

Memancing di Sungai Tanang

Memancing di Tabek Gadang Nagari Sungai Tanang kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam Sumatera Barat sepertinya begitu menghibur dan mengasyikkan, setidaknya bagi sebagian orang. Tidak kurang dari 700-an peserta hadir dalam partisipasi memancing akhir tahun 2014 ini. Pemandangan ini saya dapati sudah empat minggu terakhir setiap hari Ahad. Ada banyak cerita dalam perjalanannya. Saya tampilkan beberapa jepretan saja.

1. Dari Arah Gunung Merapi 

memancing di sungai tanang
Gambar 1. Memancing di Sungai Tanang diambil dari arah Gunung Merapi

2. Dari arah Gunung Singgalang

Memancing di Sungai Tanang dari Gunung Singgalang.

Tabek Gadang Nagari Sungai Tanang Kecamatan Banuhampu Agam
Gambar 2. Memancing di Tabek Gadang Nagari Sungai Tanang diambil dari arah Gunung Singgalang

3. Background Gunung Merapi

Memancing di Sungai Tanang berlatar gunung merapi.

Memancing Sungai Tanang_5
Gambar 3. Memancing di Sungai Tanang, latar Gunung Merapi

 4. Background Gunung Singgalang

3. Memancing di Sungai Tanang latar Gunung Singgalang
Gambar 4. Memancing di Sungai Tanang latar Gunung Singgalang

Biasanya akan ada carotai, pesta menangkap ikan warga Nagari Sungai Tanang di Tabek Gadang. Waktunya, kita tunggu info selanjutnya. Memancing di Sungai Tanang dari Gunung Singgalang. Kegaitan memancing di sungai tanang ini dapat meningkatkan atau mengembangkan pariwisata nagari sungai tanang atau kabupaten Agam dan Sumatera Barat pada umumnya. Alamnya yang indah, penduduknya yang ramah, pesona layanan yang bisa memanjakan hobi dan kegemaran banyak orang, termasuk memancing.

Selain memancing banyak lagi layanan yang bisa dimanfaatkan atau dikembangkan di nagari sungai tanang ini. Butuh kerjasama semua pihak dalam mengembangkannya. Dari masyarakat, pemerintahan nagari, pemerintahan kabupaten Agam, Pemerintahan provinsi sumatera Barat, Tokoh Masyarakat, alim ulama, cadiak pandai dan lain sebagainya. Apalagi dengan adanya undang-undang yang mendorong berdirinya Badan Usaha Milik Nagari atau yang dikenal dengan BUMNAG.

Di Sungai tanang sendiri mestinya ada yang memikirkan serius pengembangan pariwisata seperti memancing ini. Kalau dikelola secara baik, ternyata menjadi event yang sangat dinanti-nanti banyak orang. Untuk mengikuti acara memancing ini, peserta dimintakan sumbangan untuk terselenggaranya kegiatan. Dan masing-masing peserta dipersilakan memancing seharian dimulai dari pukul 06.00 WIB atau shubuh. Nah, peserta sangat antusias untuk hadir. Semoga pariwista sungai tanang bisa kian berkembang. Dan memancing menjadi salah satu event unggulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *