Bahan Kuliah Kewirausahaan

hasdi putraBahan Kuliah Kewirausahaan

Kompetensi dalam Kuliah Kewirausahaan

Ada 5 kompetensi dasar yang dikembangkan dalam kuliah kewirausahaan. Kelima kompetensi tersebut, menurut ristekdikti dalam modul perkuliahan, mestinya menjadi konsen dalam pembelajaran. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi karakter, komptensi komunikasi dan interpersonal, kompetensi kreatifitas dan inovasi, kompetensi marketing dan kompetensi manajemen usaha.

Seperti Belajar Berenang

Bagaimana caranya belajar berenang? Pertanyaan ini pernah saya sampaikan kepada mahasiswa dalam kelas. Seolah-olah pertanyaan aneh, mengenang raut wajah mahasiswa dalam merespon pertanyaaan. Jawaban satu dua mahasiswa dengan suara pelan terdengar sayup-sayup sampai. “Berenang aja langsung Pak”.

He..he. Dapat dibayangkan sekiranya dijawab dengan teori-teori. Cara berenang yang baik adalah sebagai berikut. Satu, pastikan anda berada dipinggir kolam renang. Dua, yakinkan kolam renangnya ada air. Tiga, pastikan kedalaman kolam, memang sesuai dengan usia dan tinggi badan. Beuhhhhaaha.

Ya, berenang saja. “Kalau tenggelam?”

“Ya berenang saja”.

“Kalau tenggelam?”

“Ya, berenang saja lagi”.

“Kalau tenggelam? masa disuruh berenang orang yang tenggelam?”

Iya. Nah, ini tentu ajaran yang menyebalkan dan membahayakan. Terutama mereka yang tidak memiliki keberanian untuk menyongsong tantangan. Maka benarlah kiranya, kewirausahaan itu butuh keberanian seorang wira. Perwira. Wira Pendekar. Usahanya seperti wira. Seorang wira takkan membiarkan diri tenggelam, apalagi dalam keputus asaaan. Tak mungkin itu terjadi. Dan iapun berenang sehingga terhindar dari tenggelam. Belajar berenang itu memang haru nyebur ke kolam renang. Seperti belajar berwirausaha, pas sekali dengan cara berusaha. Seperti wira yang dengan keberaniannya mengalahkan rasa takut, menaklukkan kekhawatiran, dan bukan tanpa perhitungan.

Bahan Kuliah Kewirausahaan

Bahan kuliah kewirausahaan dapat didownload disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *