Menjadi ANDALASIAN SEJATI

Universitas Andalas bertekad menjadi The Leader In Character Building and Entrepreneurship. Suatu rumusan impian yang sangat luar biasa disamping tagline yang lainnya yang pernah ada di kampus ini. Karakter yang dibangun adalah Karakter Andalasian yaitu SEJATI: Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung jawab dan Ikhlas.

Karakter ini dirumuskan sekitar tahun 2013. Dr Henmaidi dan tim pada waktu itu, melakukan brainstorming tentang karakter apa yang diinginkan sebagai ciri utama civitas akademika Universitas Andalas. Usulan pun berkembang, terinspirasi dari banyak hal. Dua aspek diantaranya yang utama, yaitu agama dan budaya. Hal ini seiring sejalan dengan falsafah masyarakat minangkabau, adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah.

Kita perhatikan saja tokoh-tokoh nasional yang berasal dari Sumatera Barat. Bung Hatta, Bung Syahrir, Tan Malaka, M Natsir, Muhammad Yamin, Agus Salim, Hamka dan lain-lainnya yang ternyata mempunyai kesamaan karakter utama yang membangun kepribadian mereka. Karakter itu melekat begitu kuat. Sehingga, hampir-hampir saja, menjadi suatu yang jamak bagi tokoh-tokoh yang berasal dari Sumatera Barat. Mereka adalah sosok yang agamis dengan pemahaman budaya yang kuat. Kekuatan agama menjadikan mereka terpaut dengan Allah SWT sehingga punya keyakinan yang kuat, sedangkan kekuatan budaya menjadikan mereka eksis dalam pergaulan nasional dan internasional. Modal inilah yang mengantarkan mereka menjadi pribadi yang berpengaruh kuat dalam perkembangan sosial politik nasional, bahkan internasional.

Dari mereka, kita bercermin bahwa Sumatera Barat mempunyai kapasitas yang cukup untuk melahirkan generasi-generasi sekelas tokoh-tokoh tersebut. Lingkungan dan bumi ranah minang ini mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi pabrik pemimpin-pemimpin peradaban dengan kekhasan karakternya.

Dari sumber mata air yang jernih semisal nilai-nilai religius dalam asmaul husna, karakter para nabi dan rasul, kisah-kisah orang-orang sholeh serta nilai-nilai adat minangkabau yang luhur, dirumuskanlah karakter Andalasian, karakter SDM yang tumbuh, berkembang dan berdayaguna dari iklim yang ada di Universitas Andalas.

Karakter Andalasian
Karakter Andalasian

Tentu saja tidak mudah untuk mencapainya. Tapi juga bukan suatu yang mustahil. Nabi Muhammad SAW sebagai model utama, contoh dan ikutan yang perlu kita teladani, pun juga tokoh-tokoh nasional yang ada, semoga bisa terus menginpirasi anak-anak nagari di bumi nusantara ini.

Mari menjadi Andalasian sejati. Menjadi Andalasian sejati adalah berusaha senantiasa mempunyai karakter bergizi bernilai tinggi. Menjadi Andalasian sejati adalah menjadi insan akademis, aktifis sekaligus idealis. Menjadi Andalasian sejati adalah menjadikan diri lebih baik dari hari ke hari. Menjadi Andalasian sejati adalah menjadikan diri punya kepantasan untuk mewarisi kepemimpinan peradaban. Menjadi Andalasian sejati bukan hanya untuk hari ini, tapi juga untuk hari yang tak teraba. Semoga kita bisa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *